Tetap Nyaman Dalam Ruangan Berskat Kaca nan Transparan

Ruangan Berskat Kaca nan Transparan

Pada bangunan-bangunan umum atau komersil seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan sering kita temui ruangan besar yang dipisahkan oleh sekat-sekat atau partisi-partisi berbahan kaca. Salah satu alasannya adalah karena biasanya ruangan-ruangan tersebut memang diperuntukan untuk ditempati oleh banyak orang dalam satu waktu. Karena memang didesain untuk menampung banyak orang sekaligus, maka tentu lebih ideal bila tempat-tempat semacam ini terlihat lapang dan lega. Apabila ada kebutuhan untuk membagi ruangan menjadi beberapa bagian kecil, maka sekat atau partisi kaca frameless (tanpa rangka) bisa menjadi solusinya. Harga produk ini mungkin memang lebih mahal, oleh karena itu jarang rumah tinggal yang menggunakan partisi jenis ini.

Cantik dan Fungsional

Partisi dari kaca bukan digunakan hanya karena fungsinya saja, namun juga tampilannya yang memang ringan dan modern. Selain itu penyekat dari bahan kaca bisa memberi kesan minimalis atau bahkan futuristik, tergantung dari imajinasi sang desainer. Selain itu penggunaan kaca tempered untuk partisi biasanya karena tampilannya yang kokoh, kuat dan aman. Dikatakan aman karena apabila pecah, kaca tempered akan menjadi butiran kecil sehingga tidak membahayakan seperti layaknya kaca biasa.

Harga partisi kaca bisa cukup variatif tergantung dengan desain maupun materialnya. Misalnya untuk partisi kaca frameless bisa jadi lebih mahal daripada partisi kaca yang menggunakan frame, karena menggunakan kaca tempered. Karena proses pembuatan kaca tempered sedikit lebih rumit dibanding kaca biasa, maka harganya juga lebih tinggi.

Partisi Kaca, Favorit Untuk di Kantor dan Mall

Ruangan Berskat Kaca

Penggunaan partisi kaca yang tembus pandang untuk ruangan kantor mungkin termasuk yang paling sering kita jumpai. Biasanya partisi kaca frameless maupun partisi kaca yang menggunakan rangka digunakan untuk memisahkan ruang-ruang kantor para pegawai. Selain itu partisi berbahan kaca terkadang digunakan juga untuk menyekat ruang-ruang meeting kantor. Kesan tembus pandang ini tentu memberikan manfaat tersendiri bagi orang-orang yang bekerja di sana. Misalkan pimpinan atau bos yang ingin selalu bisa mengawasi aktifitas para pegawainya bisa lebih mudah melakukannya apabila partisi kantor terbuat dari bahan kaca yang transparan.

Baca juga: Mengulik Penyebab Kerusakan Atap Bangunan

Ruangan-ruangan toko pada pusat perbelanjaan juga biasanya disekat menggunakan partisi dari kaca. Selain membuat ruangan lebih ringan dan lega, partisi dari kaca bisa dijadikan sekaligus sebagai jendela untuk display barang-barang yang dijual di toko tersebut.

Agar Privasi Tetap Terjaga

Kekurangan dari partisi kaca adalah karena sifatnya yang tembus pandang. Hal ini bisa membuat orang yang berada di dalamnya kurang nyaman, terutama dalam ruangan kantor yang ditempati bisa sampai seharian. Kurangnya privasi dari partisi atau sekat dari kaca tentu bukannya tak ada solusi, justru bisa diatasi sekaligus menambah unsur desain yang dapat menambah cantik serta estetis.

  • Kerai atau shutter.
    Kerai atau shutter termasuk penutup kaca yang cukup popular digunakan. Partisi kaca frameless di gedung-gedung perkantoran paling umum ditambahkan shutter agar privasi ruang kantor tetap terjaga.
  • Sticker.
    Sticker
    yang ditempelkan ke atas material kaca juga cukup umum digunakan untuk memberikan efek buram. Paling sering teknik ini kita lihat diterapkan pada kaca jendela kamar mandi, agar jendela kamar mandi tidak tembus pandang.
  • Cat.
    Kaca yang dicat akan memberikan tampilan dengan nilai estetika yang tinggi. Apabila digunakan untuk ruangan yang tidak bersifat formal, alternatif ini bisa menjadi pilihan. Memang dibutuhkan jenis cat tertentu serta teknik yang khusus untuk melakukannya.
  • Kaca patri warna warni.
    Kaca patri warna warni bisa membuat partisi tidak terlalu tembus pandang sekaligus menambahkan kesan  etnik yang cantik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *