Tahukan Kamu Tentang MCB dan fungsinya? Yuk Kenali Mereka

Mungkin bagi anda yang suka bergelut dalam dunia pelistrikan mungkin sudah tidak asing lagi dengan istialan MBC, bukan? Apa itu MBC? Apakah berguna dalam kehidupan sehari-hari?

Jawabnya, iya. MBC menang mempunyai manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak orang belum paham dan mengetahui mengenai apasih itu MBC dan fungsinya? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut ini.

MCB dan fungsinya

Pengertian MCB

MCB merupakan singkatan dari Miniature Circuit Breaker. MCB merupakan sebuah komponen dalam sebuah instalasi listrik rumah yang memiliki peranan sangat penting. Komponen ini mempunyai fungsi sebagai sistem proteksi dalam sebuah instalasi apabila terjadi beban lebih dan bisa terhubung dengan singkat pada arus listrik.

Kegagalan pada fungsi MCB dapat berpotensi besar menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan misalnya saja timbul percikan api karena hubungan singkat yang mana nanti akhirnya bisa menimbulkan kebakaran.

Pada instalasi listrik rumah, MCB juga terpasang di kWh meter listrik PLN dan juga MCB Box.

Simbol dan Fungsi MCB

Pada dasarnya, dalam MCB mempunyai beberapa simbol. Setiap simbol mempunyai fungsi sendiri dan berbeda-beda. Anda harus wajib tahu mengenai apa saja sih arti dan fungsi dari simbol-simbol yang ada di MCB. Penasaran? Yuk langsung saja kita simak pembicaraan berikut ini dan  ini adalah penjelasannya.

1. Simbol X dengan garis miring ke kiri

Simbol X dengan menggunakan garis miring ke kiri  ini disebut juga sebagai simbol pemutus arus. Cara memutusnya pun bisa dilakukan dengan manual atau juga otomatis.

Dengan cara manual yaitu dengan mengubah toggle switch yang berada di depan MCB yang biasanya berwarna biru atau hitam diubah dalam posisi ON menajdi OFF. Hal ini dilakukan supaya ketika anda ingin mematikan sumber listrik di rumah karena adanya keperluan perbaikan instalasi oleh kontraktor listrik

Sedangkan cara otomatis OFf dilakukan untuk mendeteksi terjadinya arus yang berlebihan yang mana disebabkan karena adanya beban dalam pemakaian listrik yang berlebihan.

2. Simbol Seperti Kotak

Simbol Kotak ini membantu dalam mendeteksi arus listrik yang melebihi batasnya. Misalnya saja, sebuah MCB mempunyai batas 6A akan tetapi arus listrik aktual yang mengalir adalah sebesar 7A, maka MCB akan trip denhan delay dengan waktu yang cukup lama untuk bisa mendeteksi aliran arus masuk padan MCB

Bagian yang menjalankan tugas ini adalah Strip Bimetal. Arus listrik yang melewati Bimetal akan membuat bagian ini mudah panas dan memuai bahkan bisa jadi melengkung. Semakin besar sebuah arus listrik maka akan membuat Bimetal menjadi semakin panas.

3. Simbol Lengkungan

Simbol lengkungan ini menggambarkan adanya proteksi hubungan singkat. Proteksi ini akan sangat beekrja biak terkadi konsleting yang mana bisa menimbulkan  aliran listrik yang besar dan mengalir dalam sebuah sistem instalasi listrik di rumah.

Komponen yang tertugas untuk mendeteksi adalah bagian magnetic trip yang mana berupa solenoid yang berbetuk seperti lilitan.  Daya yang besar akan menimbulkan gaya tarik yang besar juga pada solenoid.

Bila MCB trip sesang overload, maka anda harus mengurangi penggunaan listrik pada saat itu. Setelah itu, MCB akan ON kembali. Namun yang perlu kita semua ketahui bahwa waktu kurang lebih 1-2  menit aman kembali.

Nah, sekarang sudah tahu dan kenal bukan mengenai MCB? Semoga segala macam informasi yang sudah di sampaikan bisa bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *