Optimalkan Fungsi Skylight! Solusi Ruang Keluarga Tanpa Lampu

Blogger Bugis – Ruang keluarga merupakan ruang yang di mana keluarga dapat berkumpul dan saling merekatkan diri satu sama lain sehingga ikatan kekeluargaan yang terbangun semakin erat. Karena ruang keluarga merupakan ruang yang intim, maka penataannya pun harus nyaman baik dari mulai pencahayaan hingga warna seperti penggunaan wallpaper korea yang kini sedang marak.

Pencahayaan sendiri berdasarkan tingkat kelayakan baiknya adalah cahaya alami yang langsung bersumber dari matahari, karena selain menampilkan kesan yang natural juga dapat berdampak bagi kesehatan. Lalu bagaimana cara menyajikan dan membuka akses cahaya matahari ke ruang keluarga dengan optimal?

Fungsi Skylight

Pencahayaan Ruang Keluarga Menggunakan Skyilight

Ruang tamu tanpa cahaya lampu tentu bisa saja terbangun. Cahaya matahari dapat masuk dengan optimal ke dalam ruangan dengan menggunakan skylight. Skylight adalah sejenis jendela namun diletakkan di atap. Dalam pemasangannya, tentu saja skylight harus memakai aturan tertentu agar dapat berfungsi secara optimal, antara lain:

1. Arah hadap skylight

Arah hadap skylight baiknya adalah menghadap ke utara atau ke selatan, hal ini berfungsi untuk menantang arah datang dan terbenamnya matahari. Jika skylight dihadapkan ke arah timur maupun barat, cahaya matahari yang masuk adalah cahaya yang langsung dengan intensitas yang terlalu tinggi sehingga akan menimbulkan hawa yang panas pada ruangan.

Ruangan dengan pancaran sinar matahari langsung juga dapat merusak furnitur-furnitur di dalamnya dari mulai warna yang pudar hingga lapuk. Jika ingin memanfaatkan sinar matahari langsung, usahakan hanya di jam 10 – 11 saja, setelah itu biarkan cahaya yang masuk merupakan pantulan cahaya saja.

2. Luas ruangan

Jangan memasang skylight di ruangan yang sempit karena akan menimbulkan hawa panas. Minimal ruang keluarga yang akan dipasangi skylight adalah ruangan dengan ukuran 7 x 7 meter. Jika ruangan keluarga Anda sempit, maka jangan menggunakan kaca, tapi gunakanlah genteng fiberglass saja yang sama-sama memiliki fungsi menyerap cahaya alami dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

3. Kekuatan rangka atap

Skylight merupakan kaca atap dengan berat tertentu yang cukup tinggi. Untuk itu, pastikan ruang keluarga Anda memiliki rangka atap yang berkekuatan tinggi agar skylightnya tetap kuat dan awet.

4. Gunakan skylight yang dapat dibuka

Banyak orang yang berpikir bahwa menggunakan skylight dapat menyebabkan ruangan terasa panas. Dalam beberapa kondisi keadaan itu tidak dapat dipungkiri. Namun tenang saja, karena ada jalan keluarnya. Gunakanlah skylight dengan model yang dapat dibuka sehingga antara sinar matahari dan angin dapat masuk bergantian. Kondisi yang sangat menguntungkan di mana ruangan dapat mendapat cahaya alami sekaligus juga dengan hawa yang alami.

5. Material kaca

Gunakan material kaca yang aman dan dapat melindungi keluarga khususnya dari ancaman sinar UV yang dapat menimbulkan dampak yang serius khususnya terhadap kulit. Lapisi kaca skylight yang polos dengan kaca film atau kaca buram sehingga sinar UV tidak dapat masuk ke dalam ruangan.

6. Lokasi

Jika Anda memiliki tanaman di dalam ruang keluarga, maka alangkah baiknya Anda menempatkan skylight berdekatan dengan lokasi tanaman. Hal ini akan membuat tanaman tumbuh kembang dengan maksimal karena dalam pertumbuhannya tanaman sangat membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Tanaman yang terkena cahaya matahari optimal akan tumbuh dengan warna yang segar, sehingga jika Anda memasang wallpaper dinding korea disertai dengan tanaman yang segar dan cahaya yang alami dalam ruang keluarga Anda, ruangan Anda akan sangat nyaman untuk ditinggali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *