Atap Rumah Tanpa Plafon? Apa Dampaknya?

Atap Rumah Tanpa Plafon

Sebagian dari kamu pasti bertanya-tanya kenapa sih rumah harus pakai partisi ruangan? Nah, rumah tanpa menggunakan plafon mungkin sesuatu hal unik dan klasik bagi pemiliknya. Namun, perlu kamu ketahui rumah tanpa menggunakan plafon akan cenderung mengakibatkan dampak kurang megenakan bagi pemiliknya.

Dampak Merugikan Bagi Rumah Tanpa Plafon

1. Panas

Marasa panas jika berada dalam tumah tanpa plafon adalah hal yang biasa, hal ini dikarenakan sinar matahati akan langsung masuk ke dalam rumah.

2. Mudah Bocor

Rumah tanpa atap plafon memiliki resiko tinggi yang dapat mengakibatkan rumah kamu bocor. Ini dikarenakan jika hujan turun maka air akan langsung masuk ke dalam rumah, ini dapat terjadi jika atap rumah sudah tidak mampu menampung air yang turun.

3. Membuat Rumah Tampak Berantakan

Fungsi plafon biasanya untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak berguna. Ini yang menjadikan rumah tanpa plafon terlihat lebih berantakan dari rumah yang memiliki plafon, karena rumah tanpa plafon cenderung tidak memiliki tempat menyimpan barang sudah tidak dipakai.

4. Lebih Kotor

Rumah yang tidak berplafon akan mengakibatkan dalam rumah lebih kotor, hal ini dikarenakan bahwa rumah yang tidak memiliki plafon  maka kotoran yang ada pada atap dan sela-sela genteng yang jatuh.

Itulah dampak yang dapat ditimbulkan dari rumah tanpa plafon. Partisi ruangan mungkin akan menjadikan rumah terlihat agak sempit, namun perlu diketahui bahwa rumah berplafon dapat membuat rumah menjadi lebih aman.

Keuntungan Menggunakan Plafon

Penggunaan plafon rumah memiliki keuntungan sebagai berikut :

1. Dapat Memperindah Ruangan

Saat ini plafon tidak hanya berfungsi sebagai pembatas atap saja, namun plafon juga berfungsi sebagai dekorasi untuk memperindah ruangan.

2. Meminimalisir Kebocoran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan plafon bagi rumah adalah sebagai penampung air yang masuk melewati sela-sela genteng dan menampungnya, sehingga jika hujan datang air yang turun tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

3. Berfungsi Sebagai Gudang

Plafon juga dapat berfungsi sebagai gudang untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Macam-macam Plafon Rumah

Banyak macam-macam plafon yang dapat digunakan di rumah kamu antara lain sebagai berikut :

  • Plafon Tripleks

Plafon tripleks ini sangat populer dikalangan masyarakat, banyak rumah skala kecil hingga besar yang menggunakan plafon tripleks ini karena sangat mudah dalam pemasangannya.

  • Plafon Gypsum

Plafon gypsum ini banyak digunakan untuk pelapis plafon, harga partisi gypsum ini juga lumayan terjangkau sehingga banyak diminati berbagai macam masyarakat. Selain itu juga plafon gypsum ini juga cepat dalam pemasangannya, namun plafon jenis ini tidak tahan dengan air atau cepat rusak jika terkena air. Sehingga penggunaan plafon gypsum ini biasanya hanya sebagai pelapis agar terlihat lebih menarik.

  • Plafon Asbes

Pelafon jenis ini juga termasuk salah satu yang favorite bagi masyarakat. Plafon asbes ini sangat mudah penggunaannya selain itu pula, plafon asbes terbuat dari bahan yang ringan.

Baca juga: Inspirasi Membuat Taman Interior Ala Korea yang Membuat Hunian Kian Cantik

  • Plafon akustik

Plafon akustik ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki plafon jenis lain. Plafon akustik dapat meredam suara, sehingga plafon jenis ini dapat membuat ruangan kamu terasa nyaman dan tentram tanpa perlu khawatir harus terganggu suara-suara tertentu.

  • Plafon Fiber

Nah, plafon jenis ini adalah plafon yang terbilang kelas premium. Plafon fiber mempunyai banyak keunggulan dibanding plafon lain, diantara keunggulan plafon fiber ini adalah tahan terhadap air dan api, bahan yang digunakan ringan dan juga ringan penggunaannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *